CIPUTAT – Empat orang mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM), baru baru ini. Adapun keempat mahasiswa tersebut diketuai oleh Rosiana Hidayanti dengan anggotanya yaitu Agung Prayogi, Febyan Kurnia Sandi dan Siti Nuraulia Rohma.

Kegiatan PMKM berlangsung di kantor Kelurahan Cipayung Ciputat, Jl. Citarum Raya No. 35, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Minggu (21/11/2021) lalu. Dengan mengusung tema, “Membangun Minat Dan Motivasi Pada Anak Untuk Belajar Sambil Bermain”.

PMKM Universitas Pamulang di Taman Bacaan Kolong(TBM) Ciputat
Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Dosen Pendamping PMKM dari Universitas Pamulang, Rusdi S.P M.SI, Annisa Dwi Riyani sebagai Pengelola Taman Bacaan Kolong (TBM) serta anak anak TBM.

Rosiana Hidayanti, Ketua Pelaksana acara dalam sambutannya menyampaikan. “ Semoga dengan adanya kegiatan PMKM kami dapat membantu anak anak dalam membangun minat dan motivasi untuk belajar pada mereka,” ucap Rosiana.

Dikatakan juga, minat merupakan rasa suka atau ketertarikan seseorang terhadap suatu hal tertentu.

Sementara itu, motivasi adalah dorongan dari dalam diri manusia untuk melakukan suatu kegiatan. Minat dan motivasi anak-anak dalam belajar dapat menentukan keberhasilan dalam berprestasi, di dalam kegiatan PMKM ini diharap kan anak-anak dapat meningkatkan kegiatan belajar serta dapat memberikan arah atau motivasi pada kegiatan belajar.

Motivasi penting dalam membentuk seberapa besar minat belajar, motivasi juga dapat mempengaruhi seberapa banyak orang akan mempelajari dari suatu kegiatan pembelajaran, atau seberapa banyak penerapan orang tersebut dalam menangkap informasi yang disajikan kepada mereka.

Anak yang terdorong untuk belajar akan menggunakan kognitif yang lebih tinggi dalam mempelajari materi tersebut sehingga anak tersebut dapat menyerap dan menangkap lebih baik. Motivasi belajar merupakan faktor utama dalam keberhasilan belajar, anak yang termotivasi dengan baik akan menghasilkan tingkat keberhasilan yang baik pula.

Kegiatan PMKM ini diisi dengan kegiatan belajar menghitung dengan membuat bunga menggunakan kertas karton yang dituliskan angka pada setiap bunga tersebut (yang diberi nama bunga berhitung) dimulai dengan membuat pola, menggunting pola bunga tersebut, kemudian pola bunga tersebut ditempelkan pada kertas buku gambar dan setelah itu anak-anak TBM menghitung angka yang ditulis pada bunga tersebut baik itu penjumlahan, pengurangan serta perkalian.

Walaupun di tengah kegiatan PMKM ini ada beberapa yang mengalami kesulitan, tetapi hal tersebut tidak mengurangi tujuan dari kegiatan ini. Karena pada akhir kegiatan tersebut semua anak- anak berhasil membuat bunga berhitung.

Melalui kegiatan PMKM selaku mahasiswa dan mahasiswi Universitas Pamulang memiliki maksud dan tujuan dari kegiatan ini agar anak-anak tetap belajar dengan giat walaupun dalam kondisi pandemi pada saat ini, dengan diadakannya PMKM tersebut mampu membuat anak-anak semangat untuk meningkatkan belajar. (Tim PMKM Universitas Pamulang)