Educare.co.id – Zaman sekarang mudah sekali mengakses berbagai macam pengetahuan baik teori dan praktik langsung ataupun mengakses pengetahuan secara online. Salah satunya, pengetahuan tentang cara mendidik anak yang menginjak usia remaja.

Dalam video Tiktok @Psikologianak.id dijelaskan tentang bagaimana cara mendidik anak yang menginjak usia remaja agar emosi dan mentalnya dapat terpenuhi. Penjelasan yang diberikan oleh Khamsa Noory M.Psi, itu telah ditonton 74ribu kali. “Usia SMP-SMA senang berproses untuk menginternalisasi nilai-nilai yang akan dia pegang di masa dewasa. Jalan masuknya melalui proses berpikir, sehingga anak membutuhkan ruang untuk dapat mengambil keputusannya sendiri. Perlu diingat juga bahwa mood anak belum stabil sehingga perlu adanya aturan yang konsisten berdasarkan kesepakatan bersama,” tuturnya.

Dalam penjelasan tersebut diharapkan agar orangtua mengerti bahwa masa remaja adalah masa di mana mereka akan mengembangkan karakter dan cara membuat kesepakatan bersama perlu diaktualisasikan untuk membantu mereka agar dapat menentukan pilihan dengan benar di masa dewasanya.

“Selain itu, menasehati anak secara langsung tanpa memberi ruang diskusi membuat anak kurang dapat menginternalisasi nilai tersebut. Teknik bertanya dan mendengar menjadi kunci yang ampuh untuk orangtua dapat berdiskusi dengan anak,” imbuhnya. Baca Juga: Pemprov Jabar Gelontorkan Beasiswa JFSL Rp25 Miliar, Libatkan 108 Perguruan Tinggi,

Jadi cara diskusi dalam menghadapi remaja merupakan salah satu cara agar mereka dapat berkembang lalu teknik bertanya dan mendengar juga menjadi teknik yang baik diterapkan agar mereka merasa adil dan tidak ragu-ragu dalam menyuarakan pendapatnya.

Banyak netizen yang mengamini video Tiktok @Psikologianak.id mengenai cara mendidik anak remaja.

@An*** :”Hargai setiap usaha belajarnya…dengan segala kekurangan. jdi pendengar yg baik…luangkn waktu, tetap brtanya hal menyenangkan dan tdk menyenangkan”

@Dyah Sulistyow***:”sering curhat.. tentang apapun itu..jadikan kita sebagai teman mereka dan sering jalan berdua sama anak-anak”

@Harlin Hastuti:”selama ini aku jadi temennya bukan mamanya😅 jadi merasa lebih siap aja semakin dia bertambah dewasa semakin kita paham apa mau dia🥰”

By Redaksi