Webinar Kemendikbudristek: Persiapan Asesmen Nasional 2024 untuk Peningkatan Layanan Sekolah

EduNews EduSchool

educare.co.id, Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar webinar bertajuk “Mengikuti Asesmen Nasional untuk Meningkatkan Layanan Sekolah”. Webinar ini ditujukan untuk Kepala Satuan Pendidikan, Guru, dan Operator guna membagikan strategi kesiapan Asesmen Nasional dan menjadikannya sebagai alat penting dalam perencanaan berbasis data untuk meningkatkan layanan di sekolah.

Haryo Susetiyo, Pengembang Penilaian Pendidikan Madya di Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik), memulai sesi dengan menekankan bahwa Asesmen Nasional merupakan 60% dari Rapor Pendidikan. Haryo menjelaskan bahwa Asesmen Nasional bukan hanya untuk pemeringkatan, melainkan sebagai sarana untuk mengumpulkan data komprehensif tentang kondisi layanan di sekolah, yang kemudian digunakan untuk perencanaan dan implementasi perbaikan.

Dalam hal kesiapan, Haryo menyoroti beberapa langkah penting, termasuk memperbarui data Dapodik, menyiapkan sarana komputer dan internet, serta memastikan siswa sampel sudah lengkap. “Selamat mengikuti Asesmen Nasional 2024 dan teruskan upaya meningkatkan kualitas layanan pendidikan di sekolah,” ujarnya.

I Wayan Agus Adi Wiguna, Kepala SMP Negeri 1 Bangli, Bali, berbagi pengalaman dari tahun keempat partisipasi sekolahnya dalam Asesmen Nasional. Ia mengungkapkan bahwa awalnya Asesmen Nasional dipandang sebagai ajang prestasi, namun setelah mendapatkan pendampingan, orientasi tersebut berubah menjadi upaya penguatan literasi dan numerasi yang meningkatkan kualitas layanan pendidikan.

Suryadi, Kepala SMA Negeri 3 Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, menambahkan bahwa sekolahnya juga telah empat kali mengikuti Asesmen Nasional. Ia menjelaskan pentingnya sosialisasi kepada guru, orang tua, dan siswa mengenai teknis pelaksanaan Asesmen Nasional. Sosialisasi ini bertujuan untuk membangun pemahaman dan dukungan, serta memastikan bahwa Asesmen Nasional dapat memotret kondisi sekolah secara akurat dan mendukung perbaikan pendidikan yang berpusat pada siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *