Program Wirausaha Merdeka: Memupuk Semangat dan Ilmu Kewirausahaan bagi Mahasiswa Indonesia

Edutainment

educare.co.id, Jakarta –¬†Program Wirausaha Merdeka telah membuktikan keberhasilannya dalam memfasilitasi mahasiswa Indonesia dari berbagai program studi untuk belajar menjadi wirausaha sukses. Dalam satu semester, mahasiswa mengikuti pembelajaran di Perguruan Tinggi Pelaksana terkait pengetahuan dasar kewirausahaan dan mempraktikkan pengetahuan tersebut dengan mengembangkan usaha baru secara berkelompok yang didampingi oleh dosen dan mentor yang andal.

Salah satu alumni, Nabilah Nursabrina Candraningtyas dari Universitas Sebelas Maret Surakarta, menyaksikan manfaat program ini. Pengalaman kegagalan usaha sebelumnya menginspirasinya untuk terus belajar dan menyadari bahwa ilmu kewirausahaan adalah modal yang tak ternilai. “Harta memang kalian yang jaga, tapi ilmu itu menjaga kalian. Modal uang bisa rusak atau habis, tapi ilmu akan menyusul,” ujarnya penuh optimisme.

Seperti yang di rilis dari laman kemdikbud.go.id, program ini menggabungkan pembelajaran di kelas dengan magang di UMKM, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan memotivasi para mahasiswa. Seperti yang dialami Eka Putri Kamilah dari Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Inter Studi, ia merasa lebih berkembang dalam memahami Business Model Canvas dan mendapatkan keterampilan tambahan seperti public speaking dan pengelolaan media sosial.

Nilam Ayu Mayang Sekar dari Politeknik Negeri Malang juga mengalami semangat dan motivasi yang lebih untuk mengembangkan usaha setelah mengikuti program ini. Ia berniat melakukan rebranding produk pakaian yang pernah ia rintis dan ingin membuka lapangan kerja bagi anak muda.

Program Wirausaha Merdeka tidak hanya memberikan ilmu dan pengalaman berharga, tetapi juga membuka peluang bagi mahasiswa untuk mengembangkan karier di bidang kewirausahaan. Meskipun tak semua mahasiswa memiliki rencana usaha, mereka diharapkan dapat melengkapi diri dengan ilmu yang suatu saat akan bermanfaat.

Program Wirausaha Merdeka memberikan kontribusi positif bagi mahasiswa Indonesia dalam menekuni dunia kewirausahaan dan menjadi salah satu langkah menuju kemandirian ekonomi generasi muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *