Mengenal Khasiat ‘Buah Kurma’ Yang Sehat Dinikmati Saat Berbuka Puasa

Edufood Eduhealth

Septi Chairinisa

Rabu, 29 Maret 2023

Buah Kurma, Foto : Picture google www.ruangmom.com

Educare.co.id — Kurma adalah buah manis yang sudah familiar di kalangan masyarakat, buah kurma sangat mudah didapatkan untuk dibeli dan dinikmati, baik di minimarket ataupun big market disekitar. Buah kurma ini sering kali dicari pada saat bulan suci Ramadhan dan akan dinikmati ketika berbuka puasa dan sahur. Selain memiliki rasa yang manis dan legit serta daging buahnya yang lembut, kurma juga mempunyai banyak khasiat baik untuk kesehatan.

Kandungan Buah Kurma

Dokter Fery menjelaskan pada channel youtube nya mengenai isi khasiat baik pada kurma, dimana mengandung :

  • Zat Besi : Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin K, Zing Kalsium, Mangan, Kalium, dan lain banyak lagi.
  • Beberapa Zat Atioksidan : Flavonoid dan Lutein

Pada kutipan website Hellosehat.com menjelaskan, akan kandungan utama buah kurma yaitu Karbohidrat sederhana sebanyak 70% yang utamanya gula seperti Sukrosa & Fruktosa. kandungan sumber Zat Gizi pada buah kurma yaitu:

  • 7 gram serat,
  • 2 gram protein,
  • 20% kebutuhan kalium harian,
  • 14% kebutuhan¬†magnesium¬†harian,
  • 18% kebutuhan tembaga,
  • 15% kebutuhan mangan,
  • 5% kebutuhan zat besi harian, dan
  • 12% kebutuhan vitamin B6 harian.

Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

1. Mengontrol Tekanan Darah Hipertensi / Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah yang tinggi/hipertensi merupakan faktor utama dari penyakit Jantung dan Stroke. kandungan kalium pada buah kurma, mempunyai manfaat untuk mengontrol tekanan darah.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Tulang ada bagian yang berfungsi sebagai penompang tubuh, untuk menjaga kesehatan tulang pada tubuh, harus memenuhi kebutuhan kalsium dan giat berolahraga. Buah kurma mengandung beberapa Zat Kalsium, Fosfor, dan Kalium yang berperam penting untuk keshatan tulang.

3. Menjaga Keshatan Pencernaan

Buah kurma mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga dapat menjaga pencernaan tubuh dan terhindar dari penyakit Diare dan Sembelit. Buah kurma menjaga keseimbangan Probiotik (Bakteri Baik) pada usus.

4. Mencegah Kangker

Kangker merupakan penyakit yang mematikan, maka dari itu harus adanya penjegahan dari penyakit ini. Buah kurma mengandung Zat Antidioksidan seperti Flavonoid dan Fenolik yang berperan unutuk pencegahan sel sel kangker datang.

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Imunitas tubuh pada tubuh harus stabil dan terga untu keseimbangan kesehatan. Untuk menigkatkan imunitas, dibutuhkan zat mineral seperti Vitamin C yang berperan sebagai meningkatkan imunitas dan menetralkan zat zat radikal bebas.

6. Mencegah Anemia

Anemia merupakan penyakit yang disebabkan kekurangan Zat Besi dan penyakit ini akan menimbulakn dampak pada tubuh seperti muda lelah dan kulit akan terlihat pucat dan lemas. Buah kurma mengadung Zat Besi yang tinggi sehingga dapat dijadikan sebagai sumber makanan unutk mencegah anemia.

7. Menjaga Kesehatan Pada Otak

Pada kutipan website hellosehat.com, Studi dari Neural Degeneration Research tahun 2016 menemukan bahwa buah ini berpotensi menghambat produksi protein pemicu peradangan bernama interleukin 6 (IL-6) di otak. Kadar IL-6 yang tinggi di dalam otak sering dikaitkan dengan risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer. dan penelitian ini masih diperlukan unutk mastikan peran dari Buah kurma tersebut.

8. Mencukupi Kebutuhan Cairan Pada Tubuh

Buah kurma mengandung banyak kandungan air sehingga dapat mengembalikan cairan tubuh pada saat menjalan ibadah puasa.

Dengan penjelasan diatas, kita akan mengenal lebih dalam akan khasiat baik pada buah kurma untuk kesehatan tubuh. Untuk menjaga puasa tetap vit dan kesehatan tetap terga, akan lebih baik lagi untuk menkonsumsi buah kurma secukup nya. karena porsi apapun yang berlebihan akan tidak baik. 

Rasulullah SAW bersabda, "Apabila salah seorang di antara kalian berbuka, maka berbukalah dengan kurma , sebab kurma itu mendatangkan berkah. Namun apabila tidak ada, berbukalah dengan air karena air itu bersih." (Abu Dawud) 


Sumber : hellosehat.com & Dokter Fery TV 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *