Komitmen PGPAUD UNEJ: Dosen dan Mahasiswa Tingkatkan Kompetensi Pendidik PAUD
EDUCARE.CO.ID, Jember —Universitas Jember (UNEJ) menunjukkan komitmen kuatnya dalam memajukan pendidikan anak usia dini (PAUD) melalui kolaborasi dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru PAUD (PGPAUD). Bekerja sama dengan Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kecamatan Arjasa, Jember, mereka menyelenggarakan Pelatihan Pengembangan Modul Ajar PAUD Berbasis Deep Learning. Kegiatan ini diadakan pada 4 September 2025, di TK Ar-Rahim Arjasa.
Inisiatif ini berawal dari analisis kebutuhan yang menunjukkan banyak guru PAUD di Jember kesulitan memahami konsep deep learning dan cara menyusun modul ajar yang efektif, yang berdampak pada pembelajaran yang kurang optimal. Tim UNEJ merasa terpanggil untuk memberikan solusi konkret melalui pelatihan komprehensif.
Pelatihan ini dipimpin oleh Nur Fatwikiningsih, S.Psi., M.Psi., Psikolog, bersama dua anggota tim dosen dan empat mahasiswa PGPAUD UNEJ. Keterlibatan mahasiswa dalam proyek ini membuktikan bahwa pendidikan di UNEJ tidak hanya berorientasi pada teori, melainkan juga pada praktik.
Pelatihan ini dirancang dengan sangat terstruktur. Dimulai dengan pemaparan materi inti tentang deep learning yang dapat diintegrasikan ke dalam kegiatan belajar mengajar agar lebih efektif. Bagian inti dari pelatihan adalah workshop pengembangan modul ajar, di mana 22 guru peserta secara langsung praktik menyusun modul ajar inovatif. Setelah itu, mereka melakukan simulasi pelaksanaan pembelajaran untuk mendapatkan umpan balik konstruktif.
Secara keseluruhan, inisiatif ini mencerminkan dedikasi UNEJ sebagai institusi pendidikan tinggi yang peduli pada masalah sosial dan berupaya membawa perubahan positif di masyarakat melalui kemitraan yang kuat dengan IGTKI. (DSM)
