Keren! Anak Usia 10 Tahun Berhasil Taklukan Gunung Rinjani

EduNews Edutainment

Jakarta (Educare) – Sosok ini adalah Raihanun Rinjani Pratomo, atau yang akrab dipanggil Hanun. Murid kelas 5 SD Cikal Serpong ini berhasil mencapai puncak Gunung Rinjani di usianya yang masih 10 tahun.

Hanun, berhasil mendaki gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl selama 3 hari 2 malam dan lebih dari 60 jam pendakian bersama kedua orang tuanya pada Juni 2023 lalu.

Hanun dan orang tuanya telah mempersiapkan diri selama kurang lebih 3 bulan untuk mendaki Gunung Rinjani.

“Persiapannya itu berenang, sebenernya ga ada persiapan khusus, tapi aku banyak olahraga aja, main sama teman, olahraga dan main basket,” ungkap Hanun, dikutip dari laman kompas.com (21/8/23)

Persiapan yang dilakukan Hanun tidak hanya persiapan fisik, mental, dan perlengkapan saja. Hanun juga mendapat perizinan resmi pendakian dari Taman Nasional Gunung Rinjani di bulan April dari sisi administratif.

Terdapat 6 pelajaran hidup yang Hanun dapatkan melalui pengalaman pendakian ini, yaitu fokus terhadap tujuan, tidak pernah menyerah, tetap berjuang dan berusaha, mengontrol diri, peka terhadap diri sendiri, dan tidak memaksakan diri.

“Aku perasaannya happy pasti, capek juga, I’m proud of myself, accomplished my goal. Happy, proud, bersyukur sampai puncak. Aku belajar untuk fokus ke target aku, never give up, keep trying, self-control, self awareness. Aku tau medan, tahu kondisi badan, tahu limit agar tidak dipaksakan,” ungkap Hanun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *