Joshua “Jojo” Michael Nainggolan Raih Medali Emas di FLS2N 2024

EduNews EduSport

educare.co.id, Jakarta – Joshua Michael Nainggolan, akrab disapa Jojo, mencuri perhatian dengan prestasinya meraih medali emas di Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2024 untuk kategori Film Pendek. Jojo, yang merupakan adik dari Norman Jefferson Nainggolan—mahasiswa Royal Conservatoire of Scotland yang menempuh studi dengan Beasiswa Indonesia Maju—memiliki cita-cita besar menjadi sutradara dan penulis skenario. Ia berharap karya-karyanya dapat memberikan manfaat bagi banyak orang.

Perjalanan kreatif Jojo dimulai saat pandemi, ketika ia mengikuti lomba video online dan berhasil meraih juara pertama. Berkat dukungan gurunya, ia berani berpartisipasi dalam berbagai kompetisi nasional. Pada 15 November 2021, ia menjadi Karya Nominee dalam Festival Video Edukasi 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Sejak saat itu, Jojo terus berkarya dan mengantongi berbagai penghargaan.

Karya-karya Jojo, termasuk film berjudul “Segara,” berhasil menarik perhatian juri dari tingkat kota hingga semifinal. Film ini mengisahkan perjuangan seorang anak nelayan yang bermimpi menjadi pelukis terkenal meski terhalang kesulitan ekonomi. Dalam FLS2N 2024, ia berkolaborasi dengan Pranadipta Pandu Styawan dan Clarenssa Cavallera untuk menampilkan film “Kaset Pita,” yang mengeksplorasi nilai seni dan budaya.

Jojo menekankan pentingnya pengalaman dan kolaborasi di dunia perfilman Indonesia. “Meskipun proses syuting FLS2N penuh tantangan, semangat bahwa ‘It’s all gonna be worth it’ mendorong kami untuk terus berjuang,” katanya. Raihan medali emas ini menjadi bukti bahwa ketekunan dan kerja keras akan membuahkan hasil.

Dengan prestasi ini, Jojo berharap bisa menginspirasi generasi muda untuk terus belajar dan berusaha mengejar cita-cita mereka. Maju terus, Jojo, dan semoga karya-karyamu terus mengharumkan nama bangsa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *