Gateways Study Visit Indonesia 2024: Transformasi Pendidikan Menuju Era Digital

EduNews

educare.co.id, Bali – Selama dua hari acara Gateways Study Visit Indonesia (GSVI) 2024 di Bali, Direktur Pendidikan dan Keterampilan OECD, Andreas Schleicher, menekankan pentingnya transformasi digital dalam pendidikan. Ia memuji Indonesia sebagai pemimpin dalam inisiatif ini, terutama melalui penggunaan aplikasi Rapor Pendidikan yang menyediakan data kualitas pendidikan.

Andreas menegaskan bahwa teknologi bukanlah tujuan akhir, melainkan alat untuk memberdayakan pendidik dan siswa. Penggunaan AI dalam pendidikan, khususnya selama periode 2020-2024, menjadi sorotan utama. Meski AI masih dalam tahap awal pemanfaatan, potensi untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan dan efektif sangat besar, termasuk integrasi teknologi seperti virtual reality dan augmented reality.

Dia juga mencatat tantangan Indonesia dalam mencapai skor PISA yang lebih baik, menyarankan fokus pada proses pembelajaran dan investasi dalam guru. Frank van Cappelle dari UNICEF menambahkan bahwa otomatisasi dalam manajemen pendidikan dapat memberikan waktu lebih untuk fokus pada strategi yang lebih besar.

Akhirnya, kolaborasi antar negara melalui webinar dan platform komunitas guru diharapkan dapat mendukung keberlanjutan transformasi pendidikan ini, menandai langkah penting dalam menghadapi tantangan global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *