6 cara meningkatkan nafsu makan anosmia

EDUCARE.co.id – Bagi banyak orang, Covid-19 telah menyebabkan kehilangan indra penciuman. Keluhan hidung tidak bisa mencium bau ini juga dikenal sebagai anosmia. Sebelum pandemi, anosmia lebih sering dikaitkan dengan tanda-tanda penyakit neurologis, seperti demensia dan dengan pilek atau sinusitis. Melansir Health Line, anosmia adalah indikator awal dan umum dari Covid-19 dan mungkin merupakan prediktor penyakit yang lebih baik daripada gejala lain, seperti demam dan batuk.

Sementara neuron sensorik penciuman tidak mengekspresikan gen untuk protein reseptor ACE2, sel inang untuk SARS-CoV-2, sel yang menyediakan dukungan metabolik dan struktural untuk neuron tersebut, mengekspresikan ACE2. Para peneliti menduga hubungan inilah yang menyebabkan anosmia terkait dengan Covid-19.

Karena sel-sel ini sangat penting untuk berfungsinya neuron sensorik kita, kedua kelompok sel tersebut rentan terhadap serangan virus. Sementara ribuan indra pengecap di lidah kita bekerja sama untuk mendaftarkan rasa dari makanan kita, penciuman pada umumnya dianggap bertanggung jawab atas setidaknya 80 persen persepsi rasa. Indra kita yang lain, seperti pendengaran, penglihatan, dan sentuhan juga memainkan peran penting dalam keseluruhan pengalaman makan.

Dalam kasus Covid-19, indra penciuman biasanya dapat kembali setelah beberapa minggu.
Namun, periode gangguan rasa yang berkepanjangan ini mungkin saja menimbulkan kekhawatiran tentang berkurangnya nafsu makan dan asupan makanan.

Padahal, penderita Covid-19 perlu terus menjaga asupan makan seimbang untuk mendukung kesembuhan atau menghindari perburukan penyakit, termasuk terkena masalah kesehatan lainnya. Dilansir dari Food & Nutrituon, Ahli gizi yang berbasis di Washington, D.C., Christina Badaracco, MPH, RD, LDN, menyatakan jika Anda atau keluarga Anda mengalami anosmia, Anda dapat mencoba banyak taktik untuk mengatasi penurunan nafsu makan atau rasa.

Dalam laman Kompas, berikut adalah beberapa saran dari ahli gizi yang bekerja sebagai konsultan kesehatan di Avalere Health tersebut tentang cara meningkatkan nafsu makan pada penderita anosmia:

  1. Menggabungkan berbagai bentuk dan tekstur ke dalam hidangan atau makanan. Contoh penambahan tersebut dapat mencakup kacang cincang, biji-bijian, parutan keju, kacang panggang, atau sayuran mentah cincang Sertakan makanan pedas dan manfaat capsaicin sebagai antiinflamasi untuk sensasi yang berbeda Makan makanan dingin atau hangat daripada makanan pada suhu kamar, karena ini dapat membantu memaksimalkan deteksi rasa dan memperkenalkan lebih banyak variasi di seluruh hidangan dan makanan
  2. Tambahkan bumbu, rempah, atau saus pedas baru untuk melihat apakah indra pengecap mendeteksinya Gabungkan sebanyak mungkin warna untuk mempertahankan daya tarik visual Makan makanan yang berhubungan dengan kenangan positif

    Namun, untuk konsumsi suplemen ini, setiap penderita Covid-19 sebaiknya dapat berkonsultasi dulu dengan dokter atau ahli gizi masing-masing demi keamanan. Bagi penderita Covid-19 yang mengalami gejala kesultan menelan juga, mungkin ingin mengonsumsi makanan cair saja. Memang ada beberapa makanan cair yang diformulasikan khusus dan mengandung karbohidrat, protein, lemak, hingga vitamin dan mineral yang cukup untuk menggantikan makanan utama. Tapi, sebelum mengonsumsi makanan cair ini, penderita Covid-19 juga dianjurkan untuk dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi.

Satu pertanyaan yang mungkin muncul terkait Covid-19 adalah makanan apa yang harus dimakan jika terinfeksi virus corona SARS-CoV-2?

Ada beberapa makanan dan minuman yang dapat mengurangi gejala atau durasi flu, demam, atau diare. Namun, ahli tidak mengetahui makanan dan minuman apa yang secara spesifik dapat melawan Covid-19.

Bagaimanapun, virus ini masih sangat baru dan masih diperlukan banyak penelitian untuk memahaminya.

Berikut beberapa panduan umum untuk membantu Anda atau orang yang dicintai terkait makanan dan minuman yang harus dikonsumsi

Makanan tergantung gejala Sejauh ini yang kita tahu tentang Covid-19 adalah gejala untuk masing-masing orang yang terinfeksi virus corona SARS_CoV-2 bervariasi. Gejala paling umum adalah tidak dapat mencium bau dan mengecap rasa, demam, batuk kering, dan sesak napas. Namun, beberapa orang juga mengalami nyeri otot, kelelahan, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan diare.

Gejala yang terbaru delirium dan sakit mata. Saat seseorang mengalami gejala seperti flu dan tidak dapat mencium bau atau mengecap rasa, hal ini akan memengaruhi nafsu makan. Bergantung pada gejala dan tingkat keparahannya, ditambah apa yang ingin Anda makan, apa yang Anda makan mungkin akan berbeda dengan orang lain yang juga terinfeksi Covid-19. Penting bagi Anda untuk tetap di rumah jika merasa tidak enak badan. Hubungi dokter Anda dan dapatkan makanan atau bahan makanan tanpa kontak (melalui keluarga atau layanan pengiriman).

Hidrasi sangat penting Minum air putih penting dilakukan jika Anda sakit, terutama jika Anda mengalami demam, yang dapat menyebabkan Anda mengeluarkan air, atau jika Anda mengalami diare.

Cobalah minum banyak cairan. Minuman di bawah ini adalah pilihan yang bagus:

  • air putih
  • teh dengan madu
  • kaldu
  • jus
  • minuman elektrolit

Anda mungkin tidak memerlukan minuman elektrolit khusus, tetapi jika Anda mengalami kesulitan makan atau mengalami diare atau muntah, minuman tersebut dapat membantu. Air kelapa, air maple, minuman olahraga, dan Pedialyte semuanya masuk dalam kategori itu.

Jus juga dapat membantu Anda mendapatkan nutrisi, dan membuatnya lebih mudah dicerna. Jika Anda tidak enak badan, penting untuk tetap terhidrasi dan istirahat sebanyak yang Anda bisa.

Ada nutrisi tertentu, termasuk protein, vitamin A, C, D, dan E, serta zinc yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Banyak dari nutrisi ini mudah didapat dalam makanan Anda dengan makan makanan yang bervariasi. Smoothie yang dibuat dengan buah dan yogurt atau selai kacang dapat membantu Anda memasukkan kalori jika Anda tidak lapar.

Sup ayam terasa nikmmat dan mungkin bermanfaat saat Anda mengalami infeksi saluran pernapasan. Jahe dapat membantu meredakan mual, coba dengan teh atau tambahkan ke sup wortel. Mencoba mendapatkan kalori sebanyak yang Anda bisa dan makan makanan yang membantu Anda merasa lebih baik mungkin akan menjadi lebih penting daripada khawatir tentang mendapatkan cukup zinc atau vitamin A