Yang Baru di Kidzania Jakarta, Archaeological Site

, 15 Jul 2016 wib


educare.co.id, Jakarta - KidZania Jakarta (PT. Aryan Indonesia) dan COMBANTRIN® (PT. Johnson & Johnson Indonesia) secara resmi membuka establishment atau wahana baru yang merupakan bentuk kerjasama kedua perusahaan di bidang pendidikan. Di establishment yang bernama “COMBANTRIN® Archaeological Site KidZania Jakarta”. Para pengunjung cilik dan anak-anak nantinya akan dapat mengenal sekaligus belajar akan serunya bekerja sebagai Arkeolog dan Paleontolog di KidZania Jakarta. Peresmian sekaligus pembukaan establishment COMBANTRIN® Archaeological Site ini ditandai dengan penyerahan city keyKidZania Jakarta dari Presiden KidZania Kerry Riza kepada Indriyati Sumarsono, selaku Country Director Retail Group PT. Johnson & Johnson Indonesia yang dilanjutkan dengan dilakukannya hand scan dari kedua belah pihak didepan establishment.

Hadirnya COMBANTRIN® Archaeological Site di KidZania Jakarta merupakan bukti dukungan dan komitmen kuat dari PT Johnson & Johnson Indonesia dan produknya, COMBANTRIN®, untuk berpartisipasi dalam mengembangkan pendidikan anak Indonesia. KidZania Jakarta & COMBANTRIN® memberikan edukasi gaya hidup bersih dan sehat kepada anak serta memberikan edukasi tentang pencegahan dan bahaya Cacingan pada manusia, terutama anak-anak.

IMG_8668Edukasi yang diberikan tentunya dengan konsep fun & experiential learning sebagaimana yang terdapat di KidZania, dimana anak akan mencoba profesi yang belum banyak diketahui oleh anak-anak yaitu Arkeolog dan Paleontolog. Mereka akan bertugas untuk membuka misteri kehidupan di masa lampau demi kepentingan ilmu pengetahuan dengan cara meneliti fosil dan artefak yang harus mereka gali terlebih dahulu. Didalam fosil dan artefak yang mereka temukan, kemungkinan akan terdapat jejak makhluk hidup yang ada dibawah tanah seperti serangga, semut, bahkan cacing. Saat meneliti bagian dari artefak dan fosil di bawah mikroskop, mereka menemukan suatu jejak mahluk hidup, yang dengan menggunakan buku referensi diketahui merupakan jejak Cacing Parasit yang berbahaya bagi manusia.

Chief Marketing Officer KidZania Jakarta, Faisal Reza, menyatakan bahwa, “Kehadiran establishment COMBANTRIN® Archaeological Site di KidZania Jakarta ini sangat bermanfaat untuk memberikan edukasi baru kepada anak-anak yang masih sangat awam tentang ilmu arkeologi dan paleontologi. Semoga setelah bermain disini, anak-anak akan lebih paham mengenai profesi ini dan terinspirasi menjadi arkeolog atau paleontolog di masa mendatang.”

Faisal Reza menambahkan, “Selain belajar tentang ilmu arkeologi dan paleontologi itu sendiri, anak-anak juga akan belajar tentang pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan agar terhindar dari Cacingan. Dengan kata lain, lewat permainan di KidZania dan COMBANTRIN® ingin melatih gaya hidup bersih dan sehat kepada anak – anak.”

Sebagai informasi, Cacingan masih menjadi penyakit yang kerap diderita anak-anak di Indonesia, tak terkecuali di kota besar seperti Jakarta. Data dari Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan menunjukkan rata-rata prevalensi Cacingan di Indonesia mencapai 28,12%. Namun angka ini kurang menggambarkan kondisi sebenarnya karena di banyak daerah tingkat prevalensi Cacingan berada di atas 50%.

Selain, prevalensi yang tinggi, Cacingan juga berbahaya bagi kesehatan dan pertumbuhan anak Indonesia. Cacing yang menginfeksi saluran pencernaan akan membajak nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Kurangnya nutrisi ini akan menghambat pertumbuhan fisik terutama kognitif anak dan dapat membuat potensi IQ mereka berkurang, anak pun jadi mudah sakit. Namun sayangnya, masyarakat Indonesia pada umumnya belum sepenuhnya menyadari bahaya Cacingan yang mampu menurunkan vitalitas dan kemampuan kerja otak anak. Akibatnya, anak-anak yang terkena Cacingan akan kalah bersaing dengan mereka yang sehat.

Indriyati Sumarsono (PT. Johnson & Johnson Indonesia) menambahkan, “Kami menyadari Cacingan masih menjadi ancaman serius bagi anak Indonesia. Kerjasama dengan KidZania ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan PT Johnson & Johnson Indonesia untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap Cacingan, sehingga kita dapat melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan dan menciptakan generasi muda Indonesia yang sehat danbebasCacingan agar mereka bisa berprestasi di sekolah dan bersaing di skala global.”

Tags: