SMPN 22 Depok Peringati Hari Batik Nasional

Sabtu, 06 Okt 2018 wib

Jamil
Editor : Jamil

SMPN 22 Depok Peringati Hari Batik Nasional


educare.co.id, Depok - Tanggal 2 Oktober telah tetapkan oleh pemerintah sebagai Hari Batik Nasional, sebagai bentuk pelestarian warisan budaya asli Indonesia yang sudah mendunia. Penetapan Hari Batik Nasional tak terlepas dari pengakuan batik Indonesia sebagai warisan dunia atau warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi sejak 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Salah satunya adalah SMPN 22 Depok, serempak memakai batik pada tanggal 2 Oktober. Afrida selaku kepala sekolah mengatakan bahwa bahwa mengenakan pakaian bercorak batik ini agar ikut serta melestarikan budaya bangsa agar batik selalu dicintai."Saya berharap di Hari Batik Nasional ini siswa-siswi mencintai dan menghargai budaya bangsa serta mempunyai kreativitas khususnya dalam corak batik untuk dapat mendesain batik-batik daerah yang bisa motifnya itu modern sesuai dengan jaman," kata Afrida yang mengenakan batik corak ungu yang berasal dari Donggala, Sulawesi Tengah kepada educare.

Sementara itu wakil kepala sekolah, Sirait menganggap anak-anak muda jaman sekarang sudah tidak malu untuk memakai batik karena motif dan modelnya sudah disesuaikan dengan jaman. "Kalau kita lihat pakaian batik sudah semakin modis dan sesuai dengan jaman sehingga orang tidak malu lagi mengenakan batik, bahkan bangga dengan yang dikenakannya," tambah Sirait. (erni/edu)