SMP Islam Al Muhajirin Depok Peringati 1 Muharam 1440 Hijriyah

Jumat, 21 Sep 2018 wib

Jamil
Editor : Jamil

SMP Islam Al Muhajirin Depok Peringati 1 Muharam 1440 Hijriyah


educare.co.id, Depok - Dalam rangka memperingati tahun baru lslam 1 Muharam 1440 Hijriyah, puluhan siswa-siswi yatim mendapat santunan dari keluarga besar SMP lslam Al Muhajirin Depok. 

Kegiatan itu dilaksanakan bertepatan dengan hari Asyura atau tanggal  10  Bulan Muharram yang jatuh pada Kamis (20/9/2018).

Kepala Sekolah SMP lslam Al Muhajirin lrmiwati mengatakan, santunan anak yatim rutin dilaksanakan setiap tahun, tepatnya pada peringatan 10 Muharam. Adapun tahun ini para siswa-siswi yatim juga diberikan santunan. 

Menurutnya, dalam sebuah hadist dikatakan barang siapa yang mengusapkan tangannya pada kepala anak yatim, di hari Asyuro’ tanggal 10 Muharram, maka Allah akan mengangkat derajatnya, dengan setiap helai rambut yang diusap satu derajat. Dengan memahami hal itu maka peringatan dan tasyakuran 10 Muharram merupakan bagian dari pendidikan karakter, dimana hal ini termasuk dalam kurikulum 2013.

“Ini penting untuk mengedukasi para siswa-siswi peduli serta berbagi dengan sesama,” ujarnya diamini panitia acara Deni.
 
Sementara itu Wakasek bidang kesiswaan Agus menambahkan, kegiatan sosial sudah sering dilakukan SMP lslam Al Muhajirin Depok. Selain pada tanggal 10 Muharram, kegiatan sosial juga biasa dilakukan saat qurban di hari raya Idul Adha dengan membagikan daging hewan qurban pada siswa-siswi yatim dan yang kurang mampu.
 
Dalam mauidhotul hasanah Ustadz Mustofa menyampaikan, tentang peduli dan berbagi pada sesama juga adab seorang murid kepada guru serta perjuangan siswa dalam mencari ilmu. 

Dia menuturkan, sebuah ilmu akan mudah masuk dalam hati murid jika ada keridhoan dari sang guru, maka menghormati guru juga sangat bermanfaat bagi siswa dalam rangka mendukung keberhasilan pendidikan. 

“Peduli dan berbagi pada sesama serta menghormati sang guru merupakan upaya untuk mencari keikhlasan guru, dengan demikian maka ilmu akan mudah didapat oleh murid,” pesannya. (Ind/edu)