SMAN 11 Depok Gelar LDKS di Bogor

Rabu, 25 Jul 2018 wib

Jamil
Editor : Jamil

SMAN 11 Depok Gelar LDKS di Bogor


educare.co.id, Bogor - Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) merupakan kegiatan rutin saat memasuki tahun ajaran baru, seperti halnya dilakukan oleh Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 11 Depok yang kembali menggelar kegiatan LDKS mulai 19-20 Juli 2018 di Villa KampoengDjawa, Gunung Geulis, Bogor.
 
Kegiatan tersebut mengusung tema “ Melalui Jambore kita ciptakan dan budayakan gerakan siswa berprestasi di SMAN 11 Depok” yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X SMAN 11 Depok.
 
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Sigol Pardamean kepada educare.co.id, Jumat (20/07/2018) menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter kepribadian yang dapat menciptakan kader bangsa berkualitas, bertanggung jawab, Kompeten dan Berdedikasi tinggi untuk bangsa dan negara
 
“Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter kepribadian tangguh siswa-siswi dalam rangka bagaimana kemudian mencetak kader bangsa yang berkualitas bertanggung jawab, kompeten dan dedikasi yang tinggi untuk bangsa dan negara,” jelasnya di lokasi acara.
 
Kegiatan LDKS SMAN 11 Depok, kali ini diisi dengan berbagai materi, diantaranya tentang kepemimpinan, manajemen organisasi, teknik persidangan dan manajemen konflik.
 
Selain itu, dalam kegiatan ini menyalakan api unggun dan jerit malam juga outbond untuk memupuk jiwa kepemimpinan dan team building.
 
Salah satu materi yang menarik dalam kegiatan tersebut adalah Materi Manajemen Konflik dan pengambilan keputusan yang disampaikan langsung oleh pembina gerakan pramuka SMAN 11 Depok, Jupry, Arul, Ubay bersama guru-guru.
 
Menurut Jupry kegiatan ini merupakan upaya membangun tradisi siswa dalam kegiatan keilmuan, dimana selama ini kegiatan yang paling mendominasi adalah kegiatan olahraga dan seni, “Kegiatan ini penting adanya , karena sejauh ini pemuda hanya monoton kepada kegiatan olahraga dan seni, sehingga perlu dibiasakan kegiatan dari segi keilmuan untuk mempersiapkan mental mereka,” terangnya disela makan siang bersama.
 
Salah seorang siswa peserta LDKS, Julhilmi Putra Duta mengaku senang bisa mengikuti kegiatan tersebut bersama teman-temannya.
 
"Pastinya senang bisa jadi tambah ilmu dan wawasan, selain itu juga jadi tambah mengenal teman-teman di kegiatan LDKS yang seru dengan api unggun dan jerit malamnya," kata anak guru SMAN 54 Jakarta itu.
 
Sebelumnya SMA Negeri 11 Depok juga menjadikan salah satu ekstra kurikuler pramuka di Sekolah sebagai yang utama untuk lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional. (Ind/edu)