Server Error, Jadwal UNBK SMP Molor

Selasa, 24 Apr 2018 wib

fathul jamil
Editor : fathul jamil

Server Error, Jadwal UNBK SMP Molor


 

educare.co.id, Depok - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP sederajat yang terbagi dalam tiga sesi waktu pelaksanaan, ternyata harus mengalami kemunduran dari jadwal semula.

Hal tersebut diakibatkan adanya gangguan teknis pada server pusat yang error dan menyebabkan jadwal sesi pertama pelaksanaan UNBK jadi molor kurang lebih satu jam.

Demikian diungkapkan Kepala sekolah SMP Negeri 2 Depok, Purnomo saat ditemui di sekolahnya.

"Pelaksanaan UNBK SMP hari pertama sesi satu harus mundur waktunya dari jadwal semula karena lambatnya akses server pusat," jelasnya pada reporter educare.

Namun demikian, Purnomo memastikan pelaksanaan UNBK di sekolahnya tetap berjalan dan seluruh anak didiknya mengikuti UNBK hingga sesi tiga selesai.

"Hampir seluruh sekolah mengalami hal tersebut dan ujian baru bisa dimulai sekitar pukul sembilan. Alhamdulillah seluruh siswa lancar mengikuti UNBK sampai sesi tiga selesai" terangnya yang diamini panitia ujian, Bambang Arif.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa kendala server down tersebut disebabkan karena kelebihan kapasitas.

"Kapasitasnya sangat 'over load' karena tahun ini kan terjadi lonjakan peserta UNBK sangat drastis jumlah SMP yang ikut dibanding tahun lalu sehingga kapasitasnya tidak memadai yang diluar perkiraan kita," kata Mendikbud di Timika, Senin (23/4/2018). 
(Ind/edu)