"Sentuhan Ibu" di Mata Fira Basuki

Kamis, 14 Sep 2017 | 07:55:56 wib

"Sentuhan Ibu" di Mata Fira Basuki


Siapa tak kenal penulis novel, Fira Basuki? Sudah sederet hasil karya tulisnya yang menjadi best seller. Kini, ia mengangkat kisah para ibu dari anak-anak berkebutuhan khusus. Buku karyanya yang berjudul ‘Sentuhan Ibu’ ini berisikan 20 kisah dari berbagai sisi tentang para ibu yang mengasuh anak dengan kebutuhan khusus. Buku tersebut juga menjadi bagian dari program #SentuhanIbu yang diprakarsai Nivea, yang bekerja sama dengan Kemuning Kembar, sebuah lembaga pengembangan diri yang kerap memberi layanan konsultasi dan intervensi psikologi bagi anak, remaja, dewasa. Kisah perjuangan ibu yang mengasuh anak dengan kebutuhan khusus, membuka mata Fira tentang kekuatan ibu yang sesungguhnya. “Saya sendiri single parent dengan dua putri setelah suami saya meninggal. Saya merasa berat, tapi ketika merangkum cerita ibu-ibu ini, saya merasa kesulitan saya tidak ada apa-apanya,” kata Fira saat jumpa pers program #SentuhanIbu bersama Nivea di Jakarta, Senin (28/8) lalu. Sebanyak 20 kisah para ibu dengan anak berkebutuhan khusus ini dikumpulkan Fira, berkoordinasi dengan Nivea dan Kemuning Kembar. Prosesnya pun tidak mudah karena butuh pendekatan yang lama ke para ibu. Butuh satu tahun bagi Fira untuk akhirnya merilis buku ‘Sentuhan Ibu’. Proses penulisannya sendiri berjalan selama satu bulan. Kisah para ibu ini ada yang dianugerahi anak tuna netra, tidak bisa mendengar, hingga keterbatasan fisik. “Saat orang membaca, ini akan membantu mereka mengerti tentang anak berkebutuhan khusus dan orangtua yang memelihara mereka,” kata Fira. Nivea sendiri memprakarsai program #SentuhanIbu, yaitu pendampingan bagi ibu dengan anak berkebutuhan khusus yang berlangsung sejak tahun 2015 lalu di SLB Negeri A Kota Bandung, Jawa Barat President Direktur PT Beiersdorf Indonesia, Mr. Holger Welters, mengungkapkan, “Kami selalu mendukung program-program jangka panjang di bawah komitmen sosial global Nivea ‘Cares for Family’ yang bertujuan meningkatkan kualitas keluarga melalui tiga pilar, yaitu peningkatan kemampuan anak, pemberdayaan ibu, dan waktu kebersamaan keluarga.” Nivea Cares for Family diperkenalkan sejak tahun 2013 dan kini diimplementasikan di 47 negara yang telah mendukung lebih dari 600.000 keluarga di seluruh dunia, termasuk Nivea #SentuhanIbu yang diadakan di Indonesia. Diana Riaya, Media Manager, PT Beiersdorf Indonesia, menjelaskan, “NIVEA #SentuhanIbu Periode 1 dilaksanakan kurang lebih selama 1,5 tahun dengan program pembekalan bertahap bagi para peserta, yang kini telah mengubah pola pikir dan perilaku jauh lebih antusias dalam meningkatkan keterampilan, meraih peluang untuk mengembangkan potensi anak, dan berkontribusi kepada keluarga.” “Sebagai pengembangan program, kami menyeleksi beberapa peserta menjadi Ambassador Nivea #SentuhanIbu dan menjalani training of trainers agar mereka dapat menyemangati dan berbagi dengan para ibu lainnya yang memiliki isu serupa. Nivea juga ingin menginspirasi lebih banyak ibu melalui film pendek dan buku Sentuhan Ibu yang berisikan pengalaman dan pembelajaran dari peserta program ini,” kata Diana. Nivea #SentuhanIbu Periode 2 dimulai pada Agustus 2017 di SLB N Bekasi Jaya dan SLBN 2 Yogyakarta. Nivea kembali bekerja sama dengan Kemuning Kembar dalam memberikan konseling dan program konsultasi bagi ibu dari anak-anak dengan kebutuhan khusus. Anggiastri Hanantyasari Utami, Konsultan, Kemuning Kembar, memaparkan, “Isu yang kerap dihadapi adalah ketika para ibu cenderung pasif dan merasa dunia luar tidak bersahabat, sehingga membuat mereka kehilangan motivasi. Kami menyusun topik dan kegiatan yang diharapkan mampu mengenal emosi dan menerima keadaan, agar ke depannya lebih positif dalam mampu mengelola diri sendiri dan mendampingi putra-putri mereka.” (Malik/Editor: Ari)  

Tags: