Peringati Hari Kartini Ml Nurul Huda Gelar Pensi

Sabtu, 28 Apr 2018 wib

fathul jamil
Editor : fathul jamil

Peringati Hari Kartini Ml Nurul Huda Gelar Pensi


educare.co.id, Depok - Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa -jasa para pahlawannya. Untuk mengenang jasa seorang pahlawan wanita yaitu RA Kartini, beberapa siswa sekolah turut memperingatinya dengan berbagai kegiatan.

Peringatan Hari Kartini juga dilaksanakan secara meriah di Ml Nurul Huda. Selain mewajibkan siswa - siswinya menggunakan pakaian adat, guru sekolah pun berkreasi dengan menggelar kegiatan Pentas Seni dan Kreasi.

Kepala Sekolah Ml Nurul Huda, Tri mengatakan, selain siswa-siswi, guru laki-laki dan perempuan diwajibkan juga untuk mengenakan pakaian adat.

“Dalam rangka hari Kartini sekolah menyelenggarakan Pentas Seni dan Kreasi yang diisi dengan berbagai lomba keluwesan busana Kartini. Meski namanya busana Kartini, namun siswa laki-laki diwajibkan juga ikut lomba dengan menggenakan pakaian adat” terangnya di lokasi acara.

Lomba, lanjutnya, diikuti oleh semua siswa kelas Plus maupun kelas Reguler dengan total jumlah siswa 146 anak. Hadiah akan diberikan kepada juara 1 sampai 3 di masing-masing kelas.

“Tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka menanamkan pendidikan karakter bangsa bagi anak-anak. Salah satu aktualisasinya adalah dengan memperkenalkan budaya bangsa dengan kekayaan pakaian adatnya. Selain itu, kegiatan ini bermanfaat juga untuk melatih keberanian mereka tampil di muka umum,” jelasnya, baru - baru ini.

Salah satu orang tua murid menyatakan, meski sedikit repot karena harus bersiap sejak lebih pagi dari biasanya, namun dirinya dapat menerima penyelenggaraan kegiatan semacam ini. Hal tersebut dikarenakan lomba busana Kartini ini dapat melatih mental anak-anak. 

"Tanpa pengenalan pakaian adat yang memanfaatkan momentum semacam Hari Nasional, barangkali sulit mencari sarana lain untuk memperkenalkannya," ungkap wanita berkerudung itu.  (Ind/edu)