Pentingnya Peran Ibu dalam Keluarga

Sabtu, 12 Des 2017 wib

Pentingnya Peran Ibu dalam Keluarga


educare.co.id, Jakarta - Peran Ibu sangat teramat penting bagi keluarga. Sebab, peran ibu bukan hanya mengurusi anak, suami dan seluruh urusan rumah. Ibu dinilai berperan penting sebagai pusat emosi keluarga.

Kampanye yang diselenggarakan oleh Fontera Brands Indonesia untuk mengapresiasi para ibu yang selalu memastikan kebutuhan nutrisi keluarga dan menjadikan mereka ibu terbaik, Best Mom Ever. Seorang ibu yang selalu menjaga dirinya sendiri dan keluarga agar tetap sehat, aktif, dan produktif.

"Ibu memiliki sejumlah tanggung jawab mulai dari merawat orangtua, suami, dan anak - anak, sehingga menjadikan sosok penting di keluarga," papar Rohini Behl, Technical Marketing Advisor, Fonterra Brands Indonesia.

Psikolog Roslina Verauli M. Psi menjelaskan, ibu berperan 2/3 kali lebih banyak dalam mengelola rumah tangga dan dua kali lebih banyak dalam pengasuhan anak dibandingkan ayah. Ibu juga memiliki peran penting lainnya yaitu sebagai pusat emosi atau emotion work yang mencakup di antaranya mendengarkan pasangan dan anak, memahami pikiran dan perasaan mereka, memberi dukungan serta apresiasi.

"Dengan demikian, status emosi ibu sangat mempengaruhi kesejahteraan emosional keluarga secara keseluruhan," ungkap Vera di sela peluncuran kampanye Fonterra 'Best Mom Ever' di Jakarta, Selasa (12/12).

Peran yang luar biasa dari seorang ibu dalam keluarga tentu saja bukan hal mudah dilakukan. Bahkan, hal itu menjadi sumber stres bagi seorang ibu. Oleh karena itu, lanjut psikolog yang akrab disapa Vera, ibu memerlukan apresiasi diri atau self-appreciation untuk selalu bahagia dan sejahtera secara emosional. Apresiasi ini bukan hanya dalam bentuk me time.

"Bahkan bisa hanya dengan ungkapan sederhana dan tulus dari keluarga," ujarnya

Oleh karena itu, Andriani mengatakan, pihaknya meluncurkan kampanye 'Best Mom Ever' untuk merayakan peran fundamental ibu di keluarga dalam momen Hari Ibu. Kampanye ini bertujuan untuk mengapresiasi para ibu yang selalu memasukan kebutuhan nutrisi keluarga dan menjadikan mereka Ibu Terbaik Best Mom Ever.

"Seorang ibu yang selalu menjaga dirinya sendiri dan keluarga agar tetap sehat, aktif, dan produktif," tutup dia.

Tags: