MI Ar Roihan Malang Juara 11th National Competition 2018

Senin, 27 Agu 2018 wib

Jamil
Editor : Jamil

MI Ar Roihan Malang Juara 11th National Competition 2018


educare.co.id, Serpong - Kreativitas dan kemampuan robotic siswa-siswi madrasah semakin terbukti. Setelah siswa MTsN 1 Tangerang Selatan meraih medali emas di China dan Madrasah Aliyah TechnoNatura meraih perunggu di Meksiko, kini gilirn siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Terpadu Ar Roihan Malang yang mengukir prestasi.

Mereka berhasil menjadi juara di dua kategori pada  11th National Competition 2018 Robotic Level. Kompetisi ini berkangsung di Sinarmas World Education International School, BSD Serpong, 24-25 Agustus 2018. Untuk kategori construction, MI Ar Roihan merah juara 1 (Best of the Best Construction). Sedang untuk kategori design, tim MI Ar- Roihan meraih juara ke-3.  Kompetisi ini diselenggarakan oleh CK (Creative Kids), sebuah yayasan yang bergerak di bidang pengembangan kreativitas anak Indonesia. Ajang ini diikuti 600 peserta dari berbagai kota besar di Indonesia. Salah satu dewan Pembina yayasan tersebut adalah Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Seperti yang di rilis dari laman kemenag.go.id, Kepala MI Terpadu Ar Roihan Laily menjelaskan bahwa madrasahnya sejak tahun 2014 sudah bekerjasama dengan Yayasan CK Cabang Tulungagung untuk mengadakan Ekskul Robotik. “Setiap anak yang berada di bawah CK otomatis menjadi member IRO (Indoneris Robotic Organisation). Setiap tahun, CK selalu mengikutkan anak-anak Indonesia pada ajang kompetisi robotik dunia tingkat dunia,” lanjut Laily.

MI Ar Roihan mengirimkan  10 siswa pada kompetisi ini. Adapun tema kompetisi yang diselenggarakan CK adalah food metter.

Tim MI Terpadu Ar Roihan yang meraih juara 1 kategori Construction adalah Deepa Aulia Ramadhani Ahmad (kelas 4) dan Hafizh Eka Yudanta (kelas 5).

Mereka berdua membuat robot Gondola dengan misi menuruni track miring lalu disambut anak kedua dengan memindahkan buah ke dalam truk dan membawa buah-buahan menuju keranjang buah di ujung. Temanya Eco Food Distribution. Mereka mendapat poin 100 dengan waktu 19 detik.

Tim lainnya adalah Siti Faridatul Hasanah (kelas 5), dan Etika Luhur Nahla Quinsha (kelas 2). Mereka berdua juga sama di kelas Construction. Selain mendapat poin 100, waktu yg mereka perlukan hanya 14 detik.

Sedangkan tim MI Ar Roihan yang meraih juara ke-3 kategori Best Design adalah Daffa Mirza Mahendra, M. Palwa Priya Rajendra, dan Aliph Wafa. Robot yang mereka design adalah robot  Pendistribusi Makanan.

Keberhasilan mereka dalam kompetisi robotic tidak lepas dari  latihan-latihan yang  mereka lakukan seriap hari Kamis seusai selesai jam pelajaran.