Kemendikbud Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 201

Rabu, 27 Des 2017 | 09:48:43 wib

Kemendikbud Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 201


educare.co.id, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) meraih peringkat sembilan pada Penganugerahan Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) 2017 kategori Kementerian. Sebanyak 27 Kementerian berpartisipasi dalam Pemeringkatan KIP 2017 yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat (KI Pusat) RI.

Seperti yang di rilis dari kemdikbud.go.id, anugerah itu diserahkan oleh Wakil Presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla, kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, yang pada kesempatan ini diwakilkan oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendikbud, Daryanto, di Istana Wapres RI, Jakarta, Kamis (21/12/2017). Selain kategori Kementerian terdapat juga beberapa kategori lainnya, yakni Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Lembaga Non Struktural, Badan Usaha Milik Negara, Partai Politik, serta Perguruan Tinggi Negeri.

Wapres Jusuf Kalla menyampaikan, sebelum masyarakat menerima informasi yang keliru tentang badan publik bahkan hingga tersebar luas maka akan lebih baik badan publik membuka informasinya kepada publik lebih dahulu.

“Keterbukaan informasi itu tentu penting. Pemerintah, lembaga, (dan badan publik lainnya,-) harus menyiapkan informasi yang baik, memberikan informasi yang akurat dan akuntabilitasnya dapat diperiksa kita semua,” ujarnya.

Senada hal itu, Inspektur Jenderal Kemendikbud, Daryanto mengatakan, keterbukaan informasi itu menjadi keniscayaan sebuah instansi dalam hal pelayanan publik saat ini hingga masa mendatang.

“Kita bersyukur Kemendikbud masuk 10 besar Kementerian yang memberikan layanan informasi terbaik bagi publik. Diharapkan tahun depan menjadi lebih baik lagi layanannya di seluruh lini,” ujar Daryanto usai menerima penghargaan tersebut.

Pemeringkatan KIP yang diselenggarakan oleh KI Pusat ini terdiri dari beberapa tahapan. Tahap itu meliputi tahap penilaian pribadi melalui pertanyaan atau self assessment question, tahap penilaian melalui laman badan publik, tahap verifikasi lanjutan acak, dan terakhir tahap visitasi langsung ke badan publik.

Pada tahun ini, peringkat teratas Pemeringkatan KIP 2017 kategori Kementerian diraih oleh Kementerian Keuangan. Peringkat selanjutnya hingga ke-10 diraih oleh Kementerian Perindustrian, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kemendikbud, serta Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Tags: