Dukungan Wali Murid dalam Penerapan Program Penguatan Pendidikan Karakter

Senin, 20 Nov 2017 | 05:17:57 wib

Dukungan Wali Murid dalam Penerapan Program Penguatan Pendidikan Karakter


educare.co.id, Malang - Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang saat ini terus digalakkan penerapannya mendapat berbagai respons dari masyarakat, banyak yang mendukung program ini, namun masih ada yang menolak dengan berbagai alasan. Hal tersebut disebabkan oleh ketidakpahaman masyarakat terhadap program tersebut.

SD Negeri Tunjung Sekar II di Malang telah membuktikan bahwa penerapan Program Penguatan Pendidikan Karakter melalui 5 hari sekolah dapat dilakukan melalui komunikasi dan sosialisasi yang baik kepada wali murid. 

Kepala SD Negeri Tunjung Sekar II, Sudarno menjelaskan bahwa sekolahnya memberlakukan lima hari sekolah berdasarkan hasil sosialisasi dan musyawarah dengan wali murid, dan mendapat dukungan penuh dalam pelaksanaannya. 

“Yang pertama, kami (sekolah) dari dinas itu diberikan kebebasan untuk menentukan bisa menjalankan sekolah enam hari atau lima hari. Ini tidak diperintahkan tapi diberi kebebasan, terus kami sosialisasikan kepada wali murid per kelas, kemudian dari wali murid itu memberikan support untuk bisa dilaksanakan sekolah lima hari jadi dukungan dari wali murid itu sangat besar sekali,” kata Sudarno.

Sudarno menyampaikan bahwa dalam penerapan PPK, komunikasi dan sosialisasi yang baik dan berkelanjutan perlu dilakukan. Karena tidak semua pihak memahami secara keseluruhan terkait program tersebut. Begitu pula dengan penentuan penggunaan enam hari sekolah atau lima hari sekolah yang harus didasari hasil musyawarah dengan wali murid agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan. (kemdikbud.go.id)

Tags: