Cukup Tiga Jam Lukisan Keren Ini Diselesaikan Anak Berkebutuhan Khusus

Selasa, 13 Feb 2018 wib

Cukup Tiga Jam Lukisan Keren Ini Diselesaikan Anak Berkebutuhan Khusus


educare.co.id, Depok - Pada umumnya masyarakat seringkali memandang anak berkebutuhan khusus (ABK) dengan sebelah mata. Pemikiran itu tentulah sangat keliru karena ABK pada dasarnya memiliki talenta khusus yang jika diasah terus menerus akan mampu menghasilkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat.

Seperti yang di lansir dari laman Kemdikbud.go.id, satu diantara beribu ABK yang mampu berkarya dengan hasil luar biasa itu adalah Natan. Siswa kelas XII Sekolah Luar Biasa C (SLB-C) Talenta Jakarta Barat, DKI Jakarta, ini mampu melukis kanvas berukuran 60cmx30cm hanya dalam waktu sekitar tiga jam saja. Bagi seirang ABK tentunya ini prestasi yang luar biasa.

Karya keren bernuansa tipografi yang dilukis oleh pria berkaca mata itu mampu mencuri perhatian para pengunjung Pameran Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2018. Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla sangat mengapresiasi pameran tersebut karena mampu menampilkan karya-karya terbaik dari anak-anak bangsa termasuk Natan seorang ABK yang memiliki talenta luar biasa.

Tak hanya menuangkan imajinasinya dalam kanvas saja, Natan juga mampu membuat karya keren lainnya melalui perangkat lunak desain. Bahkan, dia merupakan satu dari seribu perupa yang berkontribusi dalam Pameran 1.000 Kartun Antikorupsi di Jakarta beberapa waktu lalu.

Salah satu guru SLB-C Talenta Jakarta Barat, sangat bangga memiliki murid berbakat seperti Natan yang mampu berkreasi dan berkarya di tengah keterbatasannya. Secara akademik, kata dia, ABK memang akan kesulitan jika harus memenuhi standar seperti siswa pada umumnya.

“Kami memodifikasi kurikulum sehingga mereka juga bisa menampilkan talenta atau bakat-bakat dan potensi yang lain,” tegas wanita berambut keriting itu

Tags: