63 Stan Ramaikan Pameran Apresiasi GTK PAUD Dikmas 2018

Selasa, 10 Jul 2018 wib

Jamil
Editor : Jamil

63 Stan Ramaikan Pameran Apresiasi GTK PAUD Dikmas 2018


educare.co.id, Pontianak - Sebanyak 63 stan meramaikan pameran dalam rangka kegiatan Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan pendidikan Masyarakat (GTK PAUD Dikmas) Berprestasi dan Berdedikasi 2018 yang diselenggarakan di Rumah Radakng, Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (9/7). Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah  (Dikdasmen) yang juga Plt. Direktur Jenderal GTK, Hamid Muhammad didampingi Direktur Jenderal PAUD Dikmas, Harris Iskandar; Direktur Pembinaan GTK PAUD dan Dikmas, Abdoellah; serta Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat Suprianu meninjau pameran tersebut.

“Pameran ini dapat menjadi ajang pertemuan GTK PAUD Dikmas untuk bertukar informasi untuk meningkatkan ilmu dalam berkarya," ujar Hamid saat berkunjung ke salah satu stan. Ia menambahkan, mutu pendidikan ditentukan oleh guru dan tenaga kependidikan. “Oleh karena itu mutu pendidikan PAUD dan Dikmas harus ditingkatkan kualifikasi dan kompetensinya,” lanjutnya lagi.
    
Seperti yang di rilis dari laman kemdikbud.go.id, pameran ini berlangsung selama empat hari yaitu tanggal 9 -12 Juli 2018 dengan tema “Membangun Karakter Peserta Didik melalui Karya Nyata GTK PAUD Dikmas”.

Dalam pameran tersebut terdapat 63 stan yang diisi oleh Balai Pengembangan (BP) PAUD dan Dikmas dari berbagai daerah yaitu Gorontalo, Maluku, DIY Yogyakarta, Sulawesi Utara, Papua, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Aceh, Jambi, Banten, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, Sumatra Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Tengah, Kabupaten Sambas dan Kota Pontianak.

Stan juga diisi oleh Himpunan Pendidik PAUD Seluruh Indonesia (HIMPAUDI), juga beberapa institusi pemerintahan setempat, seperti Damri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan, Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI), Balai Bahasa, Himpunan Seluruh Pendidik dan Penguji Indonesia (HISPPI), Himpunan Penyelenggara Pelatihan Kursus Indonesia (HIPKI), Lukis Rupa, Kubu Raya, Kayong Utara, Museum Kalimantan Barat, Sintang, serta sejumlah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

Pameran juga diisi oleh sejumlah unit utama di lingkup Kemendikbud Pusat, yaitu Direktorat Pembinaan GTK PAUD dan Dikmas, Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Dikdasmen, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom), Direktorat Pembinaan SMK, Sekretariat Ditjen Dikdasmen, Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat, Biro Hukum dan Organisasi, serta Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas.

Penyelenggaraan Apresiasi GTK PAUD Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi 2018 akan berlangsung hingga 14 Juli 2018. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi dan penghargaan terhadap guru dan tenaga kependidikan berprestasi tingkat nasional.